Hidup Seperti Semilir Angin, Menyejukkan Meski Hanya Sesaat

Monday, March 3, 2014

Jangan Ganggu Otak




Otak merupakan salah satu bagian anggota tubuh yang memiliki peran sangat penting.Mekanisme kerja otak akan mempengaruhi sistem seluruh tubuh. 10 kebiasaan buruk ini harus kamu hindari agar otak tetap sehat dan selalu mendukung kegiatan kamu.




1. Tidak Sarapan Pagi

     Mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi berkurang.

2. Makan Terlalu Banyak

    Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat mengakibatkan mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah. Akibatnya, kemampuan kerja otak menurun.

3. Merokok

    Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat meyebabkan penyakit Alzheimer pada masa tua nanti.

4. Mengkonsumsi Gula Terlalu Banyak

    Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.

5. Menghisap Polusi Udara Terlalu Sering

    Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan persediaan oksigen ke otaksehingga dapat menurunkan efisiensi otak.

6. Kurang tidur

    Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak. dalam jangka waktu dekat akan mengganggu daya pikir kamu.

7. Menutup Kepala Saat Tidur

    Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi karbondioksida dan menurunkan konsemtrasi oksigen yang dapat berefek pada kerusakan otak.

8. Menggunakan Pikiran Saat Sakit

    bekerja terlalu keras atau memaksakan pikiran saat sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas otak dan merusak otak.

9. Kurang Menstimulasi Pikiran

    Berpikir adalah cara yang tepat untuk melatih otak kita. Kurtangnya stimulasi pada otak dapat meyebabkan mengkerutnya dan mengerasnya pathway otak kita. Akibatnya lebih susah belajar hal baru.

10. Jarang Berkomunikasi

      Komunikasi adalah salah satu cara untuk menstimulasi kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Menulis adalah salah satu cara untuk mengubah, menyimpan dan menyampaikan

Q n A

Mau diskusi dan bertanya soal Biologi? Silahkan kirim email ke kazebara20@gmail.com
See me on Instagram @wardhaayu