Hidup Seperti Semilir Angin, Menyejukkan Meski Hanya Sesaat

Thursday, April 10, 2014

Jaringan Pengangkut


            Berkas pengangkut pada tumbuhan tersusun oleh jaringan xilem yang mengangkut air dan hara serta floem yang mengangkut makanan ke seluruh tubuh tumbuhan.
A.    Xilem
Xilem merupakan jaringan yang sangat komplesk terdiri dari unsur trakeal, serabut xilem, dan parenkim kayu. Xilem primer dibentuk oleh prokambium ujung batang dan akar, kemudian mengalami diferensiasi menjadi protoxilem dan setelah dewasa terbentuk metaxilem.
1.      Unsur Trakeal merupakan sel mati yang panjang dengan ujung yang runcing. Dinding sel keras karena mengandung lignin. Unsur trakeal terdiri atas:
a.       Trakeida, merupakan tipe sel yang fundamental dalam jaringan, berfungsi untuk mengangkut air dan sebagai pendukung. Pada dindingnya terdapat noktah halaman.
b.      Trakea, sel-sel penyusun umumnya telah mengalami perforasi (perlubangan) di kedua ujungnya. Bagian yang mengalami perforasi disebut lempeng perforasi yang biasanya terletak di ujung. Dinding sel terdiri dari lignin.
2.      Serabut Xilem
Berupa sel panjang dengan ujung meruncing. Berdinding tebal dengan noktah yang sempit bila dibandingkan dengan trakeida pada spesies yang sama. Macam-macam serabut xilem:
a.       Serabut trakeida, mempunya noktah ladam
b.      Serabut libriform, mempunya noktah biasa
3.      Parenkim Kayu
Terdapat pada xilem primer dan xilem sekunder. Berisi makanan cadangan dan zat lemak. Kadang-kadang juga berisi tanin, kristal, dan zat lain. pada xilem sekunder terdapat parenkim aksial dan parenkim penyusun jari-jari empulur.

B.     Floem
Floem merupakan jaringan yang kompleks, tersusun dari sel-sel floem (sel lapis dan buluh tapis), sel pengiring, parenkim, serabut, dan sklereida.
1.      Unsur tapis terdiri dari sel tapis dan buluh tapis.
2.      Sel pengiring yang biasanya berbentuk silindris.
3.      Serabut floem yang berukuran panjang dengan ujung-ujung floem berhimpit.
4.      Parenkim, yang dijumpai pada floem primer dan sekunder.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Menulis adalah salah satu cara untuk mengubah, menyimpan dan menyampaikan

Q n A

Mau diskusi dan bertanya soal Biologi? Silahkan kirim email ke kazebara20@gmail.com
See me on Instagram @wardhaayu