Hidup Seperti Semilir Angin, Menyejukkan Meski Hanya Sesaat

Monday, June 3, 2013

MACAM-MACAM BUKTI HUBUNGAN DIET DAN PENYAKIT KRONIS


Bukti utama yang menghubungkan antara diet dengan penyakit kronis secara epidemiologi yaitu penelitian pada hewan yang digunakan untuk menguji hipotesis dan efek spesifik perubahan nutrisi serta menyelidiki mekanisme biologis untuk menjelaskan penemuan epidemiologi. Ketika ada bukti yang substansial, maka akan ada studi intervensi untuk melihat apakah intervensi memiliki efek pada penyakit atau kematian.
1.       Perubahan Sekuler Dalam Diet Dan Timbulnya Penyakit
Bukti pertama dengan mempelajari perubahan penyakit yang muncul dan diet (serta faktor-faktor lainnya) dari waktu ke waktu. Sekarang terjadi transisi gizi di negara berkembang. Terdapat peningkatan ketersediaan makanan, dengan peningkatan pesat konsumsi lemak dan gula serta penurunan konsumsi karbohidrat kompleks, sereal gandum, buah dan sayuran. Pada saat yang sama, aktivitas fisik menurun sebagai akibat dari meningkatnya mekanisme di tempat kerja, meningkatnya transportasi mekanik, dan aktivitas rekreasi rendah. Hal tersebut dapat menjadi faktor dalam perkembangan penyakit jantung koroner. Perubahan ini terjadi lebih dari satu abad atau lebih di Eropa Barat dan Amerika Utara dan sekarang terjadi lebih dari satu dekade di negara berkembang.
2.       Korelasi Internasional Antara Diet Dan Kejadian Penyakit
Penyakit jantung koroner menyebabkan 4,8% kematian di Jepang dan 31,7% kematian di Irlandia Utara. Hal tersebut karena konsumsi lemak jenuh di Irlandia lebih besar daripada di Jepang. Asupan lemak dari makanan adalah faktor signifikan dalam perkembangan obesitas dan  cadangan lemak tinggi pada tubuh. Satu masalah dalam menafsirkan korelasi antara diet dan penyakit adalah bahwa data nasional untuk ketersediaan pangan menyembunyikan perbedaan-perbedaan yang besar antara kemungkinan di perkotaan dan pedesaan. Di India pada tahun 1980 sekitar 17% dari masyarakat miskin pedesaan memiliki sedikit bahkan tidak ada minyak  atau lemak dalam diet mereka, sementara elit perkotaan menerima lebih dari 30% energi dari lemak, 5% dari populasi dikonsumsi 40% dari lemak yang tersedia . Makanan yang tersedia per orang di Sahara Afrika jatuh selama periode 1980-2005, namun penyakit jantung merupakan penyebab meningkatnya angka kematian di kota-kota Afrika.
3.      Studi migrant
Orang-orang yang bermigrasi dari satu negara ke negara lain memberikan kesempatan yang sangat baik untuk mempelajari efek dari faktor makanan dan lingkungan pada penyakit. Kanker payudara dan kanker prostat jarang terjadi di China dan Jepang dibandingkan dengan kejadian ini di Amerika Serikat. Studi orang yang bermigrasi dari Cina dan Jepang ke Hawaii atau San Francisco pada abad kedua puluh menunjukkan bahwa mereka memiliki insiden lebih tinggi dari kedua kanker dibanding kerabat mereka di rumah yang mempertahankan diet tradisional mereka dan gaya hidup. Ada perbedaan yang sama dalam kematian akibat penyakit jantung koroner.
Studi imigran di pertengahan abad kedua puluh dari Polandia (di mana kanker lambung lebih umum dari pada kanker kolorektal) ke Australia (di mana kanker lambung jarang dan kanker kolorektal lebih umum) menunjukkan peningkatan signifikan pada kanker kolorektal. Hal ini menunjukkan bahwa faktor makanan atau lingkungan yang terlibat dalam perkembangan kanker kolorektal dapat bertindak relatif lambat dalam hidup, daripada kanker lambung. Infeksi Helicobacter pylori dengan, yang lebih umum di Polandia daripada di Australia, merupakan faktor terjadinya kanker lambung. Diet tinggi daging asin dan diawetkan terkait dengan insiden yang lebih tinggi kanker lambung, dan diet tinggi lemak dan rendah polisakarida nonstarch berhubungan dengan insiden yang lebih tinggi dari kanker kolorektal. Sebagai kejadian kanker lambung pada populasi berkurang, kejadian kanker kolorektal meningkat.
4.       Studi kasus-kontrol
Cara alternatif mempelajari hubungan antara diet dan penyakit adalah dengan membandingkan orang yang menderita penyakit dengan subyek bebas penyakit yang cocok untuk jenis kelamin, etnis, usia, gaya hidup, dan banyak faktor lain sebanyak mungkin. Masalah yang jelas di sini adalah bahwa studi status gizi saat orang datang dengan penyakit tidak memberikan informasi apapun tentang diet mereka pada saat penyakit itu berkembang. Diet mereka mungkin telah berubah selama bertahun-tahun dan, tentu saja, penyakit dapat mempengaruhi apa yang mereka makan sekarang.
5.       Studi prospektif
Penelitian epidemiologi yang paling berguna melibatkan mengikuti sekelompok orang selama jangka waktu yang panjang, dengan penilaian gizi, kesehatan mereka, dan status lainnya pada awal studi, dan pada interval sesudahnya. Mungkin studi tertua adalah survei nasional Kesehatan dan Pembangunan Inggris, yang telah mengikuti 16.500 anak yang lahir selama satu minggu Maret 1946 kohort lanjut yang terdaftar pada tahun 1970 dan 2000. Studi Framingham telah mengikuti setiap penduduk kota Framingham, Massachusetts, dari tahun 1948, penelitian kesehatan perawat di Amerika Serikat mengikuti beberapa 85.000 perawat. Dalam beberapa studi tersebut, sampel darah dan urin disimpan, dan diet dan catatan lain yang tersedia selama jangka waktu yang panjang, sehingga dimungkinkan untuk mengukur penanda status gizi yang tidak dianggap penting atau relevan pada awal penelitian . The European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) adalah studi prospektif multicenter lebih dari setengah juta subyek, dengan sampel darah yang tersedia untuk 75%, dan pada tahun 2006 24.000 kasus kanker dicatat. Hasil awal menunjukkan efek perlindungan dari kedua ikan dan polisakarida nonstarch terhadap kanker kolorektal, peningkatan risiko terkait dengan konsumsi daging merah dan olahan, serta asosiasi antara asupan lemak jenuh dan kanker payudara, dan efek perlindungan dari konsumsi buah sehubungan dengan kanker paru-paru.
6.       Studi Intervensi
Langkah berikutnya adalah untuk menguji hipotesis yang telah diperoleh dari studi epidemiologi, yang didukung oleh mekanisme biologis atau kimia yang masuk akal, bahwa suplemen gizi atau perubahan dalam diet akan mengurangi risiko pengembangan penyakit.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Menulis adalah salah satu cara untuk mengubah, menyimpan dan menyampaikan

Q n A

Mau diskusi dan bertanya soal Biologi? Silahkan kirim email ke kazebara20@gmail.com
See me on Instagram @wardhaayu